GEJALA DINAMO ALTERNATOR RUSAK

Mengenal gejala dinamo alternator rusak merupakan suatu hal yang tentunya sangat asing sekali bagi para orang yang tidak pernah coba untuk mengenal dunia otomotif. Maka dari itu ada baiknya jika kita sekarang membahas gejala-gejala dinamo alternator yang rusak siapa tahu Anda sendiri pernah mengalaminya namun tidak tahu kalau dinamo alternatornya sudah rusak.

Gejala-gejalanya adalah antara lain sebagai berikut ini :
  • Salah satu dari 3 gulungan ada yang rusak, yang mana output yang dikeluarkan akan menjadi 2/3 saja dari output yang asli. Masalah tersebut mungkin bisa dibilang sangat jarang sekali terjadi dan ditemukan serta sangat sulit untuk diketahui. Karena gejala tersebut akan terlihat kerusakannya jika kita menggunakan seluruh aksesoris kendaraan dalam waktu yang bersamaan. Contohnya ketika berkendara dimalam hari dengan menyalakan lampu, AC, Tape, Defogger, Fog Lamp, Wiper dalam keadaan yang hidup, dan itu mungkin akan terasa. Pada saat Wiper, berkedip dan head lamp juga ikut berkedip. Maka bisa diambil kesimpulan kalau salah satu dari 3 gulungan ada yang rusak.
  • Ditandai dengan rusaknya Voltage regulator, Ini ditandai dengan komponen-komponen electrical yang cepat putus dalam pengunaan yang cukup relative singkat. Selain dari itu aka nada bau asam yang sangat menyengat yang ditimbulkan oleh penguapan yang sangat besar dan ini haruslah segera diperbaiki karena bisa berakibat sangat fatal dan bisa merusak bagian penting lainnya seperti Accu.
  • Suara yang berisik sampai membuat macet bearing alternator. Dan alternator pun akan berputar dengan sangat kencang dengan diiringin suara yang bergemuruh bahkan jika dalam kondisi yang sudah sangat parah akan membuat kemacetan pada rotor dinamo amperenya sehingga tidak akan bisa di charge lagi.
  • Kabel pengisian utama putus, jika kabel utama pengisian ini putus maka alternator pun tidak akan bisa bekerja dengan baik serta bisa dibilang sia-sia sekali, karena alternator tidak akan menampung daya listrik sama sekali.
Itulah gejala-gejala yang ditimbulkan oleh dinamo alternator jika sudah dalam keadaan yang rusak. Semoga bermanfaat :)