TIPS MEMASNANG ACCU | AKI MOBIL

Sudahkah anda pernah mengganti accu mobil anda? Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara mengganti accu namun anda janganlah dulu menggangap remeh dalam menggantu accu mobil. Tampak memanglah cukup terlihat sederhana sekali, hanya melapeskan pengikat pada ke-2 kepala aki ( kutub ) dan mengendurkan bautnya. Bukan suatu hal yang mustahil, jika dalam waktu lakukan penggantian berlangsung kekeliruan atau kecerobohan.


Yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem kelistrikan apalagi electronic control unit ( ecu ).
Mari kita simak dibawah ini ada cara bagaimana mengganti Accu dengan baik dan tentunya benar antara lain sebagai berikut :
  • Yakinkan kunci kontak telah dalam posisi off atau tercabut. Sesudah itu, diamkan sesaat untuk meyakinkan komponen kelistrikan betul-betul mati. Tak hanya itu, supaya ecu tidak aktif untuk hindari hang atau rusaknya pada ecu. Bila kunci kontak tetap on, tetap ada arus listrik serta saat kabel aki dicabut bisa punya potensi menyebabkan percikan api.
  • Untuk amannya, lepaskan kabel negatif dulu, baru sesudah itu yang positif. Langkah ini, untuk menghindar berlangsungnya percikan api. Saat menempatkan kembali kabel ( sesudah diganti aki baru ), kerjakan kebalikannya. Lantas, kabel plus dulu dipasang, baru negatifnya
  • Waktu pemasangan aki baru, upayakan ukuran serta kapasitasnya sama juga dengan standarnya. Lantas cermati posisi kutubnya. Sepele memanglah, namun punya potensi mengakibatkan kerusakan komponen kelistrikan serta ecu, terlebih bila salah gunakan. Bila hingga salah gunakan, didalam hitungan detik dapat bikin sebagian komponen kelistrikan jebol serta ecu dapat ngeblok
  • Pada sebagian mobil butuh lakukan reset ecu sesudah lakukan penggantian aki. Terlebih untuk mobil buatan eropa. Tandanya ecu butuh direset layaknya takometer ngaco, power window serta central lock tidak berperan serta indikator teliti engine dapat menyala, tutur akiun, punggawa bengkel cahaya auto land di kelapa gading, jakarta utara.
  • Penggantian aki sebisa-bisanya dikerjakan waktu keadaan telah tidak tertolong. Layaknya selnya telah terbakar atau korslet. Bila cuma dikarenakan arus listrik yang tekor, baiknya kerjakanlah jumper untuk hindari ecu hang. Tetapi ada mobil-mobil spesifik yang apabila aki tekor tidak bisa dijumper.